Gambar daun insulin

Gambar daun insulin

Sebagian orang mungkin belum terlalu familiar mengenai khasiat daun insulin. Bahkan ada yang belum tahu soal daun yang satu ini. Tetapi tentu anda sudah familiar dengan penyakit diabetes. Selama ini penyakit diabetes diketahui sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Seseorang yang mengidap diabetes akan terus menerus dihantui dengan kadar gula yang harus dikontrol dalam keadaan normal. Tidak boleh lebih dan juga tidak bisa kurang. Daun insulin merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dipercaya bisa mengatasi diabetes. Daun insulin dianggap mampu untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian pun telah dilakukan untuk membuktikan manfaat ini.

Daun Insulin untuk Kesehatan Manusia
Daun insulin merupakan salah satu jenis tanaman herbal. Daun ini memiliki nama latin Smallanthus sonchifolius. Daun insulin juga kerap kali dikenal sebagai daun yakon. Tanaman ini merupakan jenis tanaman tradisional yang tumbuh di Andes utara dan tengah dari Kolumbia ke Argentina utara. Di lereng timur Andes turun menuju Amazon, akar yakon biasanya ditanam secara tradisional oleh petani. Meskipun bukan termasuk dalam tanaman asli Indonesia, daun insulin sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengambil khasiat daun insulin. Bukan hal yang sulit untuk membudidayakan tanaman yang satu ini. Kesamaan iklim dengan darerah asalnya dan suburnya tanah di Indonesia membuat tanaman ini bisa tumbuh subur di Indonesia.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan terkait daun insulin. Salah satunya adalah oleh Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers. Michael Hermann mengungkapkan bahwa tanaman ini mengandung fruktosa 35% free dan 25% terikat. Tanaman yakon ini kaya akan insulin, dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Tetapi gula-gula fruktosa tersebut masih bisa difermentasi oleh usus besar. Khasiat daun insulin memang datang dari kandungan-kandungan di dalamnya. Tanaman yang satu ini juga mengandung fructooligosaccharide, yang merupakan polisakarida terdiri dari fruktosa. Kandungan ini memiliki rasa manis dan efek prebiotik.
Kandungan tersebut yang akan membuat penderita diabetes mengalami hiperglikemia. Dengan mengkonsumsi daun yakon atau daun insulin maka kadar gula dalam darah tidak akan meningkat. Maka dari itu daun yakon digunakan untuk penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Untuk merasakan manfaat dari daun insulin tersebut, anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung daun insulin. Sekarang sudah banyak beredar di pasaran. Bisa juga dengan mengolah langsung daun insulin sendiri. Terlebih dahulu siapkan 15 lembar daun insulin. Cuci bersih daun tersebut kemudian rebus dengan menggunakan 5 gelas air. Rebus hingga air tersisa sekitar 3 gelas kemudian saring. Air rebusan tersebut diminum sebanyak 2 atau 3 kali sehari agar khasiat daun insulin bisa didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website