Fakta dan mitos kanker prostat

Fakta dan mitos kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker kedua yang paling sering diderita oleh pria setelah kanker paru paru. Tentu sebagai penyakit yang umum, kanker prostat memiliki fakta dan mitos yang berkembang di masyarakat tentang kanker prostat antara lain:
• Mitos 1: Operasi Dapat Menyebabkan Tidak Bisa Berhubungan Seks Dan Kebocoran Urin.
Fakta: Dokter bedah mungkin bisa membantu Anda memperbaiki saraf yang membantu pemicu ereksi. Maka, Anda akan dapat melakukan ereksi yang cukup kuat untuk seks lagi. Tapi memang Anda memerlukan waktu selama 4 sampai 24 bulan atau lebih lama lagi untuk kembali pulih. Pria yang lebih muda biasanya lebih cepat sembuh.
Jika Anda masih mengalami kesulitan, konsultasikan pada dokter tentang pengobatan untuk disfungsi ereksi. Pengobatan kanker prostat seperti radiasi dan hormon, juga dapat mempengaruhi kehidupan seks Anda. Kebocoran urin dapat terjadi setelah operasi, tapi biasanya sementara. Dalam setahun, sekitar 95% pria memiliki banyak kontrol kandung kemih seperti yang mereka lakukan sebelum operasi.
• Mitos 2: Hanya Orang Tua Yang Bersiko Kanker Prostat.
Fakta: Kanker prostat memang jarang terjadi pada pria di bawah usia 40 tahun. Namun, usia bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan resiko kanker. Faktor lain seperti riwayat kesehatan keluarga dan ras/suku bangsa bisa berpengaruh juga. Jika ayah atau saudara Anda pernah terkena kanker prostat, Anda memliki resiko ganda terkena penyakit ini. Jika Anda berasal dari ras Afrika atau Amerika, resiko kanker prostat lebih tinggi dibandingkan dari ras lain.
• Mitos 3: Semua Kanker Prostat Harus Diobati.
Fakta: Anda dan dokter bisa memutuskan untuk tidak mengobati kanker prostat dengan alasan:
1. Kanker Anda pada tahap awal dan berkembang sangat lambat
2. Anda sudah tua dan juga memiliki penyakit lain yang tidak memungkinkan untuk menjalani pengobatan kanker prostat
Dalam kasus tersebut, dokter mungkin akan menyarankan “surveilans aktif”, yaitu pemeriksaan secara teratur dan memastikan kanker tidak semakin memburuk.
• Mitos 4: Nilai PSA (Prostate Specific Antigen) Tinggi Berarti Anda Memiliki Kanker Prostat.
Fakta: Belum tentu. PSA bisa tinggi karena pembesaran prostat atau peradangan pada prostat. PSA membantu dokter memutuskan apakah Anda perlu lebih banyak tes untuk memeriksa kanker prostat.
• Mitos 5 : Kanker Prostat Bisa Menyebabkan Kematian.
Fakta : Usia seseorang tidak ada yang tahu, bahkan saat Anda memiliki sejumlah penyakit berat Anda bisa tetap hidup. Kanker prostat bisa disembuhkan dan memungkinkan Anda hidup lebih lama.
Penelitian menunjukkan bahwa Anda mungkin dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat melalui perubahan gaya hidup tertentu, seperti: berhenti merokok, makan makanan yang sehat dan seimbang dengan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari. Baca juga artikel obat kanker prostat paling mujarab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website